;

Program Studi di STIKes BTH Tasikmalaya

Program Studi di STIKes BTH Tasikmalaya

STIKes BTH Tasikmalaya memiliki 4 program studi yaitu S1 Farmasi, D-III Keperawatan, D-III Analis Kesehatan/Teknologi Laboratorium Medis dan D-III Refraksi Optisi/Optometri.

S1 Farmasi

Terakreditasi LAM PTKes No. 0266/LAM-PTKes/Akr/Sar/V/2019 dengan Nilai B


Visi

"Menjadi Program Studi Farmasi yang Mampu Menghasilkan Lulusan yang Berakhlak Mulia yang Unggul Dibidang Ilmu Kefarmasian Khususnya Farmasi Klinik dan Komunitas Sehingga Mampu Berkontribusi Terhadap Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat".

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dibidang kefarmasian yang bermutu tinggi bagi seluruh lapisan masyarakat dengan penguatan pada farmasi klinik dan komunitas.

  2. Menyelenggarakan penelitian yang inovatif dan berkesinambungan dalam bidang kefarmasian khususnya yang relevan dengan visi untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

  3. Menerapkan hasil-hasil pendidikan dan penelitian dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat.

  4. Menciptkan suasana akademik yang kondusif.


Lulusan program studi ini diarahkan untuk menciptakan sarjana yang profesional dibidang farmasi. Bidang Keilmuan Farmasi ini terdiri dari 5 bagian yaitu Kimia Farmasi, Teknologi Formulasi, Bahan Alam Farmasi, Farmakologi dan Ilmu Dasar/Tambahan lainnya. Iilmu - ilmu tersebut merupakan ilmu yang berhubungan atau kelompok keilmuan dan terapan dibidang farmasi. Sistem ini meliputi teori, praktek dan penelitian. Lulusan program studi ini dapat melanjutkan pendidikan berikutnya untuk menjadi apoteker atau melanjutkan jenjang S2 Farmasi. 

Lulusan Prodi S-1 Farmasi memiliki prospek untuk terjun ke dunia kerja di dalam maupun di luar negeri diantaranya di Rumah Sakit di berbagai tingkat, Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota,Industri Farmasi, Industri Makanan-Minuman dan Industri Kosmetik serta diberbagai institusi kesehatan milik Pemerintah maupun Swasta. Selain itu, dapat juga melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya yaitu profesi apoteker , S2 Farmasi dan S2 bidang lainnya.

Lulusan STIKes BTH adalah lulusan Farmasi yang unggul dalam menganalisa dan memanfaatkan bahan alam, Perawat yang kompeten dan cepat tanggap dalam pelayanan serta Analis Kesehatan yang unggul dalam akurasi dan human relation, berakhlak mulia dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

D III Keperawatan

Terakreditasi LAM-PTKes No. 0500/LAM-PTKes/Akr/Dip/VIII/2017 dengan nilai 326/B


Visi

"Menjadi Program Studi Yang Mampu Menghasilkan Lulusan Yang Unggul Dalam Bidang Keperawatan Keluarga dan Berahlak Mulia".

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran sesuai kurikulum berpedoman pada KKNI yang memiliki keunggulan keperawatan keluarga.

  2. Melaksanakan uji kompetensi di Lembaga Sertifikasi Profesi tingkat pertama STIKes BTH Tasikmalaya.

  3. Melaksanakan penelitian dan mengembangkan ilmu pengetahuan dibidang keperawatan.

  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang keperawatan.

  5. Membangun suasana akademik berdasarkan nilai-nilai religi.


Pada Program Studi DIII Keperawatan, mahasiswa diarahkan agar memiliki kemampuan dibidang pelayanan asuhan keperawatan yang meliputi aspek bilogis, psikologis, sosial, dan spiritual. Selain itu, Mahasiswa diajarkan pula tentang Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Anak, Komunitas, Maternitas, Keperawatan Gawat Darurat dan berbagai ilmu pendukung lainnya. Pola pengajaran dilakukan dengan teori dan praktek baik di kelas, laboratorium/mini hospital, bahkan di berbagai Rumah Sakit serta puskesmas secara langsung.


Prospek lulusan DIII Keperawatan diantaranya dapat bekerja di berbagai jenis dan tingkat Rumah Sakit baik di dalam maupun di luar negeri, Dinas Kesehatan Kabupaten / Kota dan UPTD-nya, Unit pelayanan kesehatan lain milik Pemerintah maupun Swasta. Selain itu, juga dapat melanjutkan studinya ke jenjang S1 Keperawatan dan Profesi Ners, S2 Keperawatan dan Spesialis Keperawatan sampai jenjang S3 Keperawatan.


D III Analis Kesehatan (Teknologi Laboratorium Medis)

Terakreditasi LAM-PTKes No. 0537/LAM-PTKes/Akr/Dip/VIII/2017 dengan nilai 327/B

Visi

"Menjadi program studi yang menghasilkan lulusan Ahli Madya Kesehatan dibidang Teknologi Laboratorium Medis yang berakhlak mulia dan unggul dalam bidang Bakteriologi Klinik tahun 2020".

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan secara professional dengan kurikulum sesuai kebutuhan dunia kerja
  2. Mengembangkan soft skill mahasiswa.
  3. Mengembangkan penelitian dasar dan terapan serta pengabdian masyarakat di bidang laboratorium medis, terutama berbasis bakteriologi klinik.
  4. Mengembangkan sumber daya manusia melalui peningkatan jenjang pendidikan serta melengkapi sarana dan prasarana untuk meningkatkan mutu pendidikan.
  5. Menggalang kemitraan untuk membangun jaringan dan kerjasama.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan Ahli Madya Analis Kesehatan di bidang Teknologi Laboratorium Medis yang berkompeten, berahlak mulia dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki keunggulan dalam bidang bakteriologi klinik.
  2. Meningkatkan mutu pendidikan melalui pengembangan sumber daya manusia yang handal serta sarana dan prasarana yang lengkap.
  3. Menghasilkan karya ilmiah dan pengabdian masyarakat di bidang laboratorium medis, khususnya mengenai bakteriologi klinik.
  4. Terciptanya kerjasama dengan berbagai pihak terkait.
  5. Menggalang kemitraan untuk membangun jaringan dan kerjasama.

Mahasiswa Program Studi ini diarahkan untuk menjadi seorang analisis di bidang kesehatan di laboratorium atau tempat lainnya. Mampu melakukan pemeriksaan klinis atau kimia sebagai penunjang diagnosa pemeriksaan atau sebagai tenaga ahli di laboratorium perusahaan/industri makanan atau industri lainnya. Pengetahuan dasar yang diajarkan meliputi ilmu kimia, biologi serta berbagai ilmu pendukung lainnya. Pola pengajaran meliputi kegiatan teori, praktek di laboratorium atau berupa kunjungan industri.

Prospek lulusan DIII Analis Kesehatan (Teknologi Laboratorium Medis) diantaranya dapat bekerja di Laboratorium di berbagai Jenis dan Tingkat Rumah Sakit, Laboratorium Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan UPTDnya, Laboratorium Klinik lainnya di unit pelayanan kesehatan milik pemerintah maupun swasta.


DIII Refraksi Optisi (RO) / Optometri


Terakreditasi LAM-PTKes No. 0479/LAM-PTKes/Akr/Dip/VII/2018 

Visi

"Menjadi Program Studi Refraksi Optisi yang Menghasilkan Tenaga Refraksionis Optisien yang Unggul dalam Bidang Pembuatan Kacamata Koreksi dan Berakhlak Mulia di Jawa Barat 2025”.

Misi

  1. Menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi bidang Refraksi Optisi berkualitas dan professional.

  2. Menyelenggarakan tata kelola pendidikan yang transparan dan akuntabel.

  3. Mengembangkan soft skills mahasiswa.

  4. Mengembangkan sumber daya manusia melalui peningkatan jenjang pendidikan dan melengkapi sarana prasarana sebagai penunjang mutu pendidikan.

  5. Menggalang kerjasama dan kemitraan.


Tujuan

  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berjiwa Pancasila dan tanggap terhadap pembaharuan serta kemajuan Ilmu pengaetahuan Teknologi (IPTEK).

  2. Tanggap terhadap seni serta berbagai masalah kesehatan yang ada di masyarakat khususnya yang berkaitan dengan bidang refraksi optisi.

  3. Berkualitas serta memiliki jiwa wirausaha mampu melaksanakan peran fungsi dan kompetensinya sebagai ahli madya refraksi optisi.

  4. Mampu melaksanakan layanan kesehatan bagi masyarakat khususnya yang berkaitan dengan bidang refraksi optisi.

Refraksionis Optisien/Optometris adalah tenaga kesehatan yang telah lulus pendidikan berdasarkan perundang-undangan yang berlaku yang berwenang melakukan pemeriksaan mata dasar, pemeriksaan refraksi, menetapkan hasil pemeriksaan, menyiapkan dan membuat lensa kacamata atau lensakontak, termasuk pelatihan ortoptik; (KMK : 1424/MENKES/SK/XI/2002).

Peran dan fungsi Refraksionis Optisien/ Optometris adalah:

  1. Sebagai Pelaksana Pelayanan Pemeliharaan Penglihatan
  2. Sebagai Penatalaksana Pemeliharaan Penglihatan
  3. Sebagai Penyuluh Bidang Pmeliharaan Penglihatan

Refraksionis Optisien atau Optometris dalam melaksanakan pekerjaannya, memiliki kompetensi minimal untuk melakukan: 
a.    Pelayanan Refraksi
b.    Pelayanan Optisi
c.     Pelayanan Lensa Kontak

Lahan Kerja bagi lulusan D III Optometri:

  • Rumah Sakit Mata baik negeri maupun swasta 
  • Klinik Mata
  • Fasilitas Layanan Kesehatan lainnya
  • Perusahaan Lensa Kacamata
  • Perusahaan Lensa Kontak
  • Perusahaan Frame Kacamata
  • Institusi Pendidikan 
  • Optik (Sebagai Penanggung jawab)
  • Wirausaha
     

Prospek Lulusan

Prosepek lulusan Prodi DIII Refraksi Optisi (RO) / Optometri adalah di Rumah Sakit Negeri maupun Swasta, Puskesmas, Klinik Kesehatan yang memiliki alat rontgen, PNS (Pegawai Negeri Sipil), TNI/POLRI, tenaga pengajar, pabrik lensa kacamata, penanggung jawab teknik optik.

Keunggulan

Perpustakaan dilengkapi dengan ribuan buku elektronik (e-book) dan buku-buku referensi bagi mahasiswa kesehatan. Berbagai jurnal baik dari dalam maupun luar negeri dan akses journal gratis melalui internet. Pusat penelitian dan pengabdian Masyarakat STIKes BTH bekerjasama dengan BRI Pusat Jakarta dalam pelaksanaan bakti sosial dan bekerjasama dengan DPU-DT ANTV dalam pelaksanaan penyembelihan 100 hewan kurban. Dosen STIKes BTH mendapatkan beasiswa penelitian dari Dirjen Pendidikan Tinggi Kopertis Wilayah IV Jawa Barat Banten. Bebas biaya semester bagi mahasiswa berprestasi untuk masing-masing angkatan dan program studi. Beasiswa lain yang dapat diakses adalah beasiswa pemerintah melalui Kopertis Wilayah IV Jawa Barat Banten, beasiswa Bank rekanan, beasiswa dari perusahaan supplier alat kesehatan CV Surya Agung, beasiswa buku dari penerbit kedokteran (EGC), beasiswa mahasiswa aktif organisasi, Tali Kasih dan beasiswa Ancora Lambada sebesar Rp. 60 juta selama masa pendidikan. Proses pembelajaran bagi mahasiswa keperawatan di STIKes BTH didukung dengan adanya mini hospital sehingga mahasiswa perawat dapat melaksanakan kerja praktek di laboratorium layaknya di rumah sakit.

Khusus untuk lulusan Analis Kesehatan begitu lulus mereka akan mengikuti uji kompetensi Laboratorium Dasar yang diselenggarakan oleh LSP STIKes BTH bersertifikat BNSP dan untuk Keperawatan dilaksanakan tiap semester. Untuk pelaksanaan uji kompetensi tersebut STIKes BTH Tasikmalaya telah memiliki Tempat Uji Kompetensi (TUK) bagi profesi Analis Kesehatan dan Keperawatan. Lulusan STIKes BTH telah bekerja di berbagai instansi baik pemerintah (75% lulusan telah diangkat PNS) maupun di instansi swasta misalnya di RSP Pertamina, RS Pondok Indah, Laboratorium terkemuka misalnya Prodia dan perusahaan-perusahaan farmasi terkenal misalnya Kalbe Farma.